Komunikasi
merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu
diperhatikan tatacara serta tatakrama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut
menjadi makin penting dalam
tatakrama berkomunikasi daring,
karena kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap
terjadinya salah paham.Beberapa contoh tatakrama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai
berikut.
a.
Gunakanlah bahasa
yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan
penerima pesan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang
formal. Saat berkirim pesan pada teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang
lebih santai.
b.
Tidak menuliskan
seluruh kalimat dengan huruf kapital. Dalam tata krama korespondensi elektronik,
penulisan seluruh kalimat menggunakan huruf kapital berarti sama dengan
berteriak/marah.
c.
Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font
standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan fontyang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
d.
Kejelasan penulisan
subjek,gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail Anda.
e.
Perhatikan penerima CC,
dan perhatikan juga penerima BCC e-mail
Anda. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupunBCCberdasarkan hak membaca e-mail tersebut.
f.
Segera menanggapi
pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan
waktu tambahan untuk membalas pesan.
g.
Tidak meneruskan
pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang
Anda kirimkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar