Jumat, 05 Januari 2018

prosedur pembongkaran dan pemasangan konektor ke perangkat input dan output

Menyusun kembali case

Setelah semua komponen dan bagian telah terpasang pada case, kini adalah saatnya untuk menyelesaikan proses perakitan PC.
Pertama, periksa kabel konektor.
Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa semua indikator pin 1 pada kabel cocok dengan semua indikator pin pada soket. Kemudian, pastikan bahwa semua hubungan kuat dan kokoh. Bila sambungan tampak tidak benar, tekan dengan hati-hati untuk menempatkannya. Jangan memaksa sambungan apapun karena pin dan papan sirkuit mudah bengkok dan pecah. Setelah seluruh kabel terpasang dengan kuat, pastikan bahwa semua sekrup telah dikencangkan. Sekrup tersebut harus kokoh, tapi tidak terlalu kencang. Yang terakhir, ketika mengamankan case, pastikan tidak ada kabel atau kawat yang terjulur keluar atau terjepit di antara bagian case.
Semua komponen tambahan dapat dipasang nanti pada sistem setelah boot up pertama. Ini akan memastikan komputer dasar bekerja sesuai dengan harapan sebelum melakukan penambahan hardware baru. Sediakan waktu tambahan untuk memeriksa ulang semua pekerjaan sebelum menyalakan komputer untuk pertama kali. Daftar berikut adalah daftar periksa pasca perakitan yang digunakan sebelum menutup case.Pastikan bahwa semuanya telah termasuk di dalam daftar sudah lengkap dan dilakukan dengan baik:
  • Semua kartu tambahan telah masuk sepenuhnya pada slot yang benar.
  • Kipas CPU telah disambungkan dengan listrik.
  • Saklar voltase 110/220 telah dikonfigurasi dengan benar.
  • Drive telah terhubung dengan listrik dengan baik.
  • Kabel ribbon terpasang dengan benar.
  • Tidak ada kabel yang terjulur masuk ke dalam kipas.
  • Seting voltase CPU telah dikonfigurasi dengan benar.
  • Saklar listrik dalam keadaan mati dan konektor power supply telah tersambung dengan benar pada motherboard.
  • Semua sambungan telah cukup kencang.
  • Pin telah lurus.
Tutup komputer yang baru saja dirakit sebelum mengujinya untuk menghindari kontak yang tidak disengaja dengan bagian dalam mesin saat mesin sedang menyala karena pada saat ini sudah tidak ada grounding.

Menghubungkan keyboard, mouse, monitor, dan kabel listrik.
Langkah yang paling akhir sebelum menyalakan listrik adalah menghubungkan peralatan dasar input and output (I/O) yang diperlukan komputer. Peralatan ini dapat dihubungkan dengan berbagai urutan. Daftar berikut termasuk instruksi untuk memasang alat-alat berikut:
  • Sambungkan keyboard pada bagian belakang case.
Model motherboard yang lebih lama menggunakan konektor 5-pin, namun kebanyakan komputer menggunakan PS/2 port 6-pin. Kadangkala konektor keyboard dan port memiliki kode warna untuk membedakannya dengan yang digunakan untuk mouse.
  • Sambungkan mouse pada bagian belakang case.
Mouse adalah peralatan berikutnya yang disambungkan, biasanya terletak di sisi kanan konektor keyboard untuk mouse PS/2. Ikuti kode warna yang bisa dipakai. Bila berupa serial mouse, colokkan pada serial port. Beberapa motherboard punya ports yang bernomor, dan bila mouse adalah alat serial yang pertama pada sistem, masukkan pada serial port nomor satu.



  • Sambung monitor.
Bila motherboard memiliki kemampuan video, titik hubung akan dekat dengan konektor mouse dan keyboard. Bila motherboard memilki sebuah kartu adapter video, masukkan monitor pada konektor yang terletak pada kartu. Karena konektor tersebut cukup besar, umumnya memiliki dua sekrup untuk menahannya pada tempatnya. Putar bagian atas sekrup hingga koneksi kokoh.
  • Power Supply Utama.
Pasang kabel listrik AC pada bagian belakang power supply dan ujung lainnya pada stop kontak di dinding. Bila ada saklar pada bagian belakang power supply, nyalakan juga. Ini tidak selalu menyalakan kompuer karena ini hanyalah sakelar listrik utama untuk power supply.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar